Perilaku Konsumen
Konsumen adalah orang yang memakai suatu barang atau jasa untuk kepentingan pribadi maupun orang lain. Jadi bisa diartikan bahwa perilaku konsumen adalah proses pemakaian suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Pengertian perilaku konsumen menurut Wikipedia adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.
Dalam membeli suatu produk, pastinya seorang konsumen harus membuat keputusan. Biasanya jika harga barang tersebut tergolong rendah, maka konsumen akan mudah memutuskan. Sebaliknya, jika harga barang tinggi maka konsumen akan sulit untuk memutuskan membeli atau tidak.
Meneliti atau menganalisis perilaku konsumen ini sangat penting, apalagi bagi suatu perusahaan yaitu strategi pemasaran. Para manajer perusahaan menggunakannya untuk melihat bagaimana produknya di pasaran, apakah disukai atau tidak. Dengan begitu mereka bisa mengetahui apa-apa saja yang perlu diperbaiki dari produk ini di masa yang akan datang. Mereka juga bisa menargetkan pasar, maksudnya adalah produk mana yang cocok untuk kalangan hig-end, middle-end, low-end.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, yaitu:
- Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi.
- Perbedaan dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi, pengetahuan, kepribadian, gaya hidup, demografi.
- Proses psikologis, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku.
Faktor-faktor tersebut diatas lah yang membantu konsumen dalam pengambilan keputusan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar